Kamis, 27 Maret 2014

Sejarah Android

Sejarah AndroidSejarah Android

 

Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis Linux yang mencakup sistem operasi,middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pemgembang untuk menciptakan aplikasi mereka. Awalnya, Google,Inc membeli Android,Inc yang merupakan pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel smartphone. kemudian untuk mengembangkan Android dibentuklah Open Handset Alliance,Konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras,peranti lunak dan telekomunikasi,termasuk Google,HTC,Intel,Motorola,Qualcomm,T-Mobile,dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan open source pada perangkat mobile. Di lain pihak,Google merilis kode-kode Android dibawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunakdan open platform perangkat seluler.
didunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi android. yang pertama mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Service (GMS) dan yang kedua adalah benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung dari Google atau dikenal dengan Open Handset Distribution (OHD).


Sekitar September 2007 Google Mengenalkan Nexus One,Salah Satu Jenis Smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia dipasaran pada 5 Januari 2010. Pada 9 Desember 2008, Di umumkan anggota baru yang bergabung dalam perogram kerja Android ARM Holdings,Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd,Softbank,Sony Ericsson,Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring Pembentukan Open Handset Alliance,OHA mengumumkan produk perdana mereka,Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6 Sejak Android dirilis telah dilakukan pembaharuan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Pada masa saat ini sebagian besar vendor-vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis Android, vendor-vendor itu antara lain HTC,Motorola,Samsung,LG,HKC,Huawei,Archos,Webstation Camangi,Dell,Nexus,SciPhone,WayteQ,SonyEricsson,LG,Acer,Philips,TMobile,Nexian,IMO,Asus,Lenovo
Mito,OPPO dan masih banyak lagi vendor smartphone didunia yang memproduksi android. Hal ini, karena android itu adalah sistem operasi yang open source sehingga bebas di distribusikan dan dipakai oleh vendor manapun.
Tidak hanya menjadi sistem operasi di smartphone,saat ini android menjadi pesaing utama dari Apple pada sistem operasi Table PC. Pesatnya pertumbuhan Android selain faktor yang disebutkan diatas adalah karena Android itu sendiri adalah platform yang sangat lengkap baik itu sistem operasinya,aplikasi dan tool pengembangan,market aplikasi android serta dukungan yang sangat tinggi dari komunitas opensource didunia. Sehingga android terus berkembang pesat baik dari segi teknologi maupun dari jumlah device yang ada didunia.

 Berikut nama-nama Android dari awal hingga akhir : 
Cupcakes (2009) : Versi 1.5
Donut (2009, September ): Versi 1.6
Eclair (2010) Versi 2.1
Froyo - Frozen Yogurt (2010) Versi 2.2
Gingerbread (2010, Desember) versi 2.3
Honeycomb (2011, Februari) versi 3.0
Ice Cream Sandwich (ICS) (2011, Oktober) versi 4.0
Jelly Bean (2012, Juli) versi 4.1
Kitkat (2013, September) versi4.4

0 komentar:

Posting Komentar

Aturan Berkomentar :
- Gunakanlah bahasa Indonesia yang baku
- Berkomentarlah yang sopan
- Berkomentarlah yang relevan seputar postingan di atas
- Dilarang menggunakan kata kasar
- Dilarang spam/porno/politik/sara
- Komentar seperti nice post dan thanks info akan langsung saya hapus.

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Planet Software - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Blog Bamz